Info Kekinian
Live
wb_sunny

Breaking News

11 Senapan Serbu Terbaik yang Digunakan Militer di Berbagai Negara

11 Senapan Serbu Terbaik yang Digunakan Militer di Berbagai Negara

Jaditau.id | Senapan memiliki sejarah panjang. Secara umum senapan serbu didefinisikan sebagai senjata laras panjang otomatis menggunakan peluru jarak menengah dan tempat peluru yang dapat dilepas.

Senapan serbu bisa dikatakan salah satu “teman” dari pasukan militer berbagai negara untuk kepentingan berbagai operasi. Berikut negara dengan senapan serbu andalan militer masing-masing

1. ZH-05 (Senapan Tentara China)
 
Jenis ZH-05 adalah senapan serbu dan berfungsi seperti peluncur granat. Ini adalah salah satu senjata paling kompleks buatan China yang dilengkapi dengan penglihatan elektronik yang mampu membidik secara akurat barel senapan dan peluncur granat.

Senapan ini juga memiliki beberapa sekering preset elektronik digunakan untuk rentang yang telah ditentukan untuk peluncur granat. Peluncur granat diletakkan di atas komponen senapan yang dirancang untuk menembakkan peluru sepanjang 20 milimeter. Senapan ini serbaguna dan terjangkau karena komponen penampakan optik dapat dipasang dan diganti dengan cepat.

2. M16 dan M4A1 (Senapan Tentara Amerika Serikat/AS)
 
Selain tentara AS, US M16 dan M4A1 saat ini juga digunakan oleh 15 militer negara anggota NATO dan 80 negara non NATO. Awalnya, M16 adalah senjata militer standar untuk tentara AS, tetapi digantikan oleh M4.

Baik M4A1 dan M16 dapat menggunakan sistem operasi terbaik yang tersedia untuk operasi kuartal dekat. Keduanya menembak dengan laju mulai dari 700 hingga 950 putaran per menit secara siklikal, yang memiliki panjang 5,56 milimeter. Senjata-senjata ini dapat digunakan untuk menembak secara semi-otomatis dan sepenuhnya otomatis.

3. INSAS (Senapan Tentara India)
 
Indian Small Arms System (INSAS) telah digunakan di India sejak 1998. Senapan ini adalah senjata mematikan yang digunakan militer India dalam sejumlah perang, antara lain Perang Saudara Nepal (1996-2006).

Senapan ini terdiri dari senapan mesin ringan dan senapan serbu dan karabin. INSAS memiliki berat 9,1 pon dan panjang 37,8 inci dan laras ringan 18 inci. Menggunakan majalah 20 atau 30 kotak, teleskopik built-in untuk penglihatan, dan beratnya 9,1 pon ketika kosong. Senapan ini dioperasikan dengan gas yang menembakkan 600-650 putaran / menit.

4. Tipe 88 (Senapan Tentara Korea Utara)
 
Senapan tipe 88 dibuat di Korea dan merupakan senapan serbu yang populer di kalangan militer Korea Utara . Pendahulu senapan serbu ini adalah Tipe 54 dan telah dimodifikasi bertahap pada 1980-an.

Korea Utara mendapat dukungan teknis dari China untuk mengembangkan senjata dan memiliki sejumlah tipe senapan untuk militernya. Senapan ini adalah mesin ringan dengan 30 putaran. Senapan memungkinkan membawa sejumlah besar kartrid 0,175 x 1,5 milimeter dan sebagian besar digunakan oleh para pengawal Kim Jong-un.

5. AK-74M (Senapan Tentara Rusia)
 
Secara umum AK-74 adalah senapan serbuyang merupakan modernisasi dari AKM. Senapan ini menggunakan peluru yang lebih kecil dengan kaliber 5.45 x 39 mm dan pertama kali dibuat tahun 1974.

Senapan ini mulai diproduksi massal pada 1976. Varian terbaru senapan ini yakni AK-74M, adalah senapan serbu standar angkatan bersenjata Rusia sejak awal tahun 1976-an.

Sama seperti pendahulunya, AK-47 dan AKM, AK-74 menggunakan magazen, memiliki selektor tembakan (selective-fire), dengan kaliber peluru menengah, dan menggunakan sistem gas. Receiver stamping logam AK-74 serupa dengan AKM.

6. Heckler & Koch G3 (Senapan Tentara Pakistan)
 
Senapan serbu G3 dikenal sebagai produk ekspor yang dianggap sukses dari Heckler and Koch. Faktanya, G3 hingga saat ini sudah diekspor ke lebih dari 40 negara salah saatunya Pakistan.

Pada bentuk standarnya, G3 memiliki tempat peluru yang memiliki kapasitas 30 peluru dan bahan dasarnya adalah plastik, sehingga bisa dipastikan senjata ini memiliki bobot yang ringan. G3 juga dapat dilengkapi dengan berbagai teropong, bahkan dapat dipasang juga dengan peluncur granat di laras bagian bawahnya.

7. AK-103 (Senapan Tentara Iran)
 
AK-103 bisa dikatakan adalah senapan serbu modifikasi dari AK-47, namun dengan teknologi yang lebih baik serta bahan dasar yang baru. AK-103 menggunakan amunisi berjenis 7,62 x 39 milimeter (mm). Dilaporkan, amunisi ini adalah peluru asli dari senapan serbu AK-47.

Bila dibandingkan dengan penerus lain dari AK-47, yaitu AK-74 M, AK-103 masih dianggap superior karena pelurunya memiliki efek penetrasi yang lebih mumpuni. AK-103 juga sudah diekspor ke 10 negara, salah satunya Iran yang menggunakannya sebagai andalan militernya. Bahkan beberapa negara telah membeli lisensi dari senapan serbu ini agar bisa memproduksinya sendiri.

8. MKEK MPT-76 (Senapan Tentara Turki)
 
Senapan serbu MKEK MPT-76 merupakan senapan andalan militer Turki yang diproduksi secara lokal oleh perusahaan negara Mechanical and Chemical Industry Corporation (MKEK). Senapan buatan dalam negeri ini digunakan sejak 2017 menggantikan senapan G-3 asal Jerman yang selama ini menjadi andalan militer Turki.

MPT-76 – dinamai dengan akronim Turki, National Infantry Rifle dengan kaliber 7,62 milimeter dinilai “se-efektif G- 3, dapat diandalkan seperti AK-47 dan praktis seperti M-16. Senapan ini memiliki jangkauan efektif hingga 600 meter dan mampu menembak 600 putaran per menit dengan kecepatan moncong 800 m per detik.

9. Galil ACE 31/32 (Senapan Militer Vietnam)
 
Sejak 2015, Angkatan Darat militer Vietnam telah menggunakan senapan serbu Galil ACE 31 dan ACE 32 buatan Israel Weapon Industries (IWI). Senapan serbu Galil ACE 31 dan ACE 32 oleh militer Vietnam itu untuk menggantikan seluruh senapan serbu AK-47 Kalashnikov yang selama ini digunakan Angkatan Darat Vietnam.

Senapan serbu Galil ACE 31 dan 32 menggunakan amunisi standar 7,62 x 39 mm. Senapan serbu Galil ACE terdiri dari 3 kaliber amunisi dengan masing-masing ukuran panjang laras untuk tiap tipe.

10. Heckler & Koch G36 (Senapan Tentara Arab Saudi)
 
Senapan ini adalah senapan utama Angkatan Bersenjata Jerman dan varian-variannya juga digunakan oleh militer lainnya. Salah satunya digunakan oleh militer Arab Saudi. G36 dibuat dengan tiga varian utama, yaitu G36, G36K dan G36C, serta varian keempat senapan SL8.

Walaupun mekanisme SL8 hampir serupa dengan G36, SL8 dibuat tidak memiliki kemampuan menembak full-otomatis. Lubang magazennya juga dirancang agar tidak bisa menerima magazen kapasitas besar 30-butir.

Gagangnya diganti dengan gagang popor berlubang, dan bidikan teleskop reflexnya diganti dengan bidikan besi biasa. Dan juga varian kelima adalah senapan mesin ringan LMG36 (Light Machine Gun), yaitu G36 standar dengan laras yang lebih berat, bipod, dan magazen drum 100-butir.

11. FAMAS (Senapan Militer Prancis)
 
FAMAS (Fusil d’Assaut de la Manufacture d’Armes de St-Etienne) sudah menjadi label kuat dalam jagad senapan serbu. FAMAS menggunakan amunisi 5,56 x 45 mm berkonfigurasi bullpup yang dirancang dan diproduksi perusahaan senjata MAS. Senapan ini memiliki panjang keseluruhan 29 inci dengan laras 19 inci.

Berat senjata ini hanya 7,96 pon atau 3,61 kg. Menariknya, tidak seperti senapan serbu infantri standar, FAMAS memiliki view tritium radioaktif untuk menembak di malam hari dan bipod built-in dengan arms yang berputar ke atas dan menyimpan laras di atas.

Sumber: wordaltas.com

Tags

Jaditau.id

Pengen Tau Info Terbaru Biar Makin Pintar?
Ikuti Dengan Cara Berlangganan Via Email
Gratis...Gaes...