Info Kekinian
Live
wb_sunny

Breaking News

Begini Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan Paling Jitu

Begini Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan Paling Jitu

Jaditau.id |
Cara belajar efektif dan menyenangkan memang dibutuhkan setiap pelajar dan juga mahasiswa, karena belajar itu tidak hanya kewajiban namun juga kebutuhan. Tiap orang pasti memiliki metode dan kondisi tersendiri yang bisa bikin kegiatan belajar mereka efektif. Biar proses belajarmu bisa berjalan lancar, ada beberapa cara belajar yang perlu kamu ketahui, nih.

Saat belajar, kita biasanya mudah terpengaruh oleh perubahan lingkungan sekitar. Ya, faktor eksternal pun bisa mempengaruhi mood dan gaya belajar kamu, lho. Kamu perlu tahu hal-hal eksternal apa aja yang tanpa disadari berpengaruh dalam proses belajar kamu. Karena itu perhatikan cara belajar efektif dan menyenangkan yang pertama berikut ini.

Agar Belajar Efektif di Rumah Menyenangkan

Karena terkadang di rumah ada saja gangguan yang bikin pecah konsentrasi kamu, perhatikan beberapa hal di bawah ini agar belajarnya efektif dan menyenangkan ya, Sobat!

1. Pastikan penerangan

Idealnya, pencahayaan ruangan itu nggak bikin kamu sulit untuk melihat, baik itu lebih cenderung remang-remang atau terlalu terang/silau. Pencahayaan harus cukup dan disesuaikan dengan jarak pandang, jadi mata kamu nggak mudah lelah, yang bisa bikin konsentrasi hilang saat belajar.

Cobalah gunakan lampu neon yang memancarkan cahaya warna putih untuk mengurangi risiko kelelahan mata. Jangan gunakan lampu pijar yang mengeluarkan cahaya kuning karena akan bikin mata lebih cepat lelah.

2. Suasana yang ramai

Ada kalanya background noise bisa membantu untuk fokus, tapi ada juga yang malah bikin konsentrasi buyar. Sebenarnya, jenis dan intensitas kebisingan yang kamu dengar memiliki pengaruh yang beda terhadap mood dan tingkat fokus kamu. Bisa dibilang, hal ini tergantung tipe materi yang ingin dipelajari.

Kalau kamu sedang belajar materi yang kompleks seperti hitungan atau hafalan, akan lebih baik kamu belajar di tempat yang tenang seperti perpustakaan. Kalau kamu sedang mempelajari sesuatu yang melibatkan kreativitas seperti prakarya atau studi kasus, suara musik bisa membantumu dalam proses belajar.

3. Suhu ruangan

Temperatur dalam ruangan kelas yang paling ideal adalah 20-24 derajat berdasarkan studi dari sebuah perguruan tinggi di Oregon. Saat temperatur udara berada di atas atau di bawah ideal, mahasiswa bisa merasa gelisah dan kehilangan fokus dalam mengikuti materi.

4. Makanan yang dikonsumsi

Makanan yang kamu konsumsi sebelum belajar akan berpengaruh pada gaya belajar kamu. Itulah alasan banyak orang yang nggak bisa konsentrasi belajar tanpa diawali dengan mengisi perutnya terlebih dahulu. 

Yang jelas, makanan sebelum waktu belajar nggak boleh sembarangan, kalau sampai salah makan yang ada malah bermasalah untuk pencernaan. Hindari makanan apapun yang bisa mengganggu pencernaan kamu atau bikin alergi.

Setelah menyesuaikan 4 hal di atas, maka selanjutnya kamu perlu tahu cara belajar efektif lainnya yang bisa bikin kamu fokus dalam prosesnya.

Tags

Jaditau.id

Pengen Tau Info Terbaru Biar Makin Pintar?
Ikuti Dengan Cara Berlangganan Via Email
Gratis...Gaes...