Info Kekinian
Live
wb_sunny

Breaking News

Pentingnya Berhati-hati dalam Berkendara

Pentingnya Berhati-hati dalam Berkendara

Jaditau.id |
Sebagian besar masyarakat Indonesia tinggal di manapun menjamin bahwa kita akan selamat dalam berkendara,justru sebaliknya,banyak kejadian yang kita tidak inginkan bisa saja terjadi misalnya saja

Kecelakaan dalam pemikiran masyarakat pada saat berkendara adalah hal yang sangat tidak diinginkan,dan efek dari kecelakaan tentu menimbulkan berbagai macam kerugian. Misalnya saja kerugian dalam bentuk harta,psikis (trauma). 

Belum lagi pada saat kecelakaan bisa menimbulkan kemacetan dan membuat orang lain menderita kerugian waktu dan tentu saja membuat bahan bakar cepat habis karena kemacetan. maka dari itu sebisa mungkin kita berhati hati dalam berkendara. 

Kecelakaan bukan saja berasal dari kesalahan diri sendiri,melainkan faktor orang lain yang lalai akan 'pentingnya berhati hati' Misalnya saja pengendara motor yang ingin putar balik, 'biker' tersebut sebelum berbelok sudah menerapkan prinsip berhati hati dan waspada yaitu dengan menyalakan lampu sein sebelum berbelok dan melihat keadaan jalan yang memungkinkan dia berbelok. 

Tapi sesaat kemudian ada mobil dari arah sebaliknya melaju dengan kecepatan tinggi dan tidak melihat biker,tak selang berapa lama maka mobil menabrak biker dan terjadi kecelakaan.

Kecelakaan bisa saja dihindari. Misalnya saja dengan :

1. Tidak menerobos lampu merah.

Lampu lalu lintas bukanlah hiasan jalanan semata,tetapi berperan penting dalam mengatur lalu lintas dan tidak sedikit masyarakat yang mengindahkan fungsi lampu lalu lintas,padahal tindakan seperti ini beresiko tinggi dan membahayakan pengguna jalan lainnya. Dan hal seperti ini memungkinkan terjadinya kecelakaan.

2. Berkendara dengan kecepatan yang wajar

Memacu kendaraan diluar batas yang diwajarkan mungkin menjadi alasan tersendiri bagi pengemudi,mungkin karena alasan mengejar waktu,ingin mengetahui berapa kecepatan yang bisa di capai kendaraan tersebut. 

Tetapi alangkah baiknya kalau tetap mengemudi pada kecepatan wajar. Jika tidak bisa saja terjadi kecelakaan (tabrakan) karena tidak bisa menguasai laju kendaraan dan kondisi jalanan yang tidak memungkinkan pengemudi untuk 'ngebut'

3. Tidak terlalu keras mendengarkan lagu (pada mobil)


Hal ini sangat penting,karena jika dilakukan terus menerus,akan sangat berbahaya. Contohnya saja disaat ingin melintasi perlintasan kereta api,karena besarnya volume lagu yang didengarkan maka tidak mendengar ada laju kereta dan hal yang kita tidak inginkan bisa terjadi (tertabrak kereta). Karena kereta bukan lah kendaraan yang bisa mengerem mendadak.

4. Memakai sabuk pengaman (Mobil), Menggunakan helm (Motor)

'Item' yang disebutkan bukanlah hiasan yang semau kita gunakan,tetapi sudah menjadi keharusan untuk menggunakannya. Memang terlihat sepele tetapi sangat berpengaruh besar,misalnya pada saat kecelakaan. 

Sabuk pengaman menahan kita agar tidak terlempar keluar dari mobil pada saat terjadi kecelakaan (menabrak kendaraan lain). 

Dan helm melindungi kepala dari benturan keras pada saat terjatuh,gunakanlah helm yang memiliki standar keselamatan (SNI,DOT).

5. Memastikan bahwa diri dalam kondisi prima

Kesehatan adalah faktor utama dalam berkendara,sebisa mungkin jangan berkendara pada saat sakit, mengantuk. Pada saat akan berkendara jika merasa tidak fit,beristirahat sejenak sebelum melakukan/melanjutkan perjalanan.

6. Memeriksa kendaraan sebelum berangkat

Kendaraan yang 'sehat' adalah faktor penting pada saat akan berkendara nantinya,kita mungkin sudah berhati hati dalam berkendara. Tetapi (contoh) kalau kita 'ngebut' dalam rem dalan kondisi tidak pakem/rem blong akan menjadi sangat berbahaya untuk diri sendiri dan pengendara lain. 

Cek lah tekanan angin ban,kondisi rem,oli,dan rantai (motor). Pastikan anda melakukan service berkala dibengkel,untuk mengetahui lebih lanjut tentang kondisi kendaraan anda

Sekian informasi yang dapat saya berikan. Berkendaralah dengan waspada,pelan asal selamat karena keluarga menunggu dirumah dan jadilah pelopor lalu lintas.

Sekian informasi yang dapat saya berikan. Berkendaralah dengan waspada,pelan asal selamat karena keluarga menunggu dirumah dan jadilah pelopor lalu lintas.

Tags

Jaditau.id

Pengen Tau Info Terbaru Biar Makin Pintar?
Ikuti Dengan Cara Berlangganan Via Email
Gratis...Gaes...