Info Kekinian
Live
wb_sunny

Breaking News

Penyebab Munculnya Jerawat Putih di Sekitar Mata serta Cara Mengatasinya

Penyebab Munculnya Jerawat Putih di Sekitar Mata serta Cara Mengatasinya

Jaditau.id |
Pada umumnya, jerawat putih yang muncul di kulit wajah, terutama pada sekitar mata, merupakan hal umum terjadi. Beberapa orang salah mengira bintik putih ini sebagai jerawat. Namun, komposisinya berbeda dan cara memperlakukannya juga berbeda.

Bintik-bintik ini sebenarnya miliki nama sebagai kista milia. Jika muncul dalam jumlah besar, mereka disebut milia. Pertumbuhan kulit kecil ini bisa muncul pada orang dengan etnis atau usia apapun, tetapi umum muncul pada bayi yang baru lahir.

Namun kista ini muncul ketika keratin menumpuk di bawah kulit. Umumnya, bintik ini berwarna putih, tetapi kadang warnanya juga bisa kekuningan dengan ukuran diameter 1 hingga 2 milimeter.

Umumnya bintik ini tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi ada orang yang mungkin merasa kurang nyaman, hingga kulit kemerahan dan iritasi. Terutama karena gesekan antara milia dan jenis kain kasar tertentu.

Lalu, sebenarnya apa yang menjadi penyebab munculnya jerawat putih di sekitar mata ini serta bagaimana untuk mengatasinya?

Dilansir dari Brightside, berikut ini kami telah rangkum penyebab munculnya jerawat putih di sekitar mata serta cara mengatasinya.

Begini Penyebab Munculnya Jerawat Putih di Sekitar Mata


Dalam kasus bayi baru lahir, penyebab pasti milia atau jerawat putih masih belum diketahui. Para ilmuwan menduga bintik putih ini bawaan dari lahir. Di sisi lain, pada orang dewasa, biasanya terkait dengan beberapa jenis kerusakan kulit sebelumnya, yang bisa berupa:
  • Luka melepuh
  • Luka bakar
  • Kerusakan akibat sinar matahari jangka panjang
  • Penggunaan krim steroid dalam waktu lama
  • Prosedur seperti dermabrasi atau pelapisan ulang kulit dengan laser
  • Hilangnya kemampuan alami kulit untuk mengelupas (karena penuaan)

Bagaimana Cara untuk Mengatasinya

Dalam kebanyakan kasus, milia atau jerawat putih ini tidak serius dan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan. Meskipun terlihat mengganggu, mencoba menghilangkan atau memencetnya adalah ide yang buruk.

Jika mencoba memencetnya dan meremasnya keluar, Anda akan kecewa karena cara ini tidak berhasil dan yang akan didapatkan hanyalah wajah merah dan iritasi dengan potensi jaringan parut dan infeksi.

Meskipun tidak ada pengobatan khusus untuk menghilangkan milia, ada beberapa hal yang dapat dilakukan di rumah. Cara ini dapat mengurangi dan mencegah penyebab jerawat putih di sekitar mata.

Langkah untuk Mengatasi Jerawat Putih di Sekitar Mata

Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menghilangkan dan mencegah penyebab jerawat putih di sekitar mata:
  • Bersihkan area yang terkena setiap hari dengan sabun lembut.
  • Gunakan uap untuk membuka pori-pori.
  • Eksfoliasi kulit Anda 2 hingga 3 kali seminggu.
  • Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan dan gunakan tabir surya.
  • Hindari krim kental atau produk berbasis minyak.
  • Pilih retinoid topikal (krim atau gel vitamin A).
Meskipun tidak perlu mencari pertolongan medis segera saat muncul, ada beberapa orang yang lebih suka menyingkirkannya karena alasan kosmetik. Dalam kasus ini, dokter kulit dapat membantu dengan melakukan prosedur sederhana yang tidak memerlukan anestesi dan dilakukan dengan jarum steril. 

Jenis perawatan lain juga dimungkinkan, tetapi Anda harus selalu memeriksa pilihan dengan para ahli dan dokter.

Tags

Jaditau.id

Pengen Tau Info Terbaru Biar Makin Pintar?
Ikuti Dengan Cara Berlangganan Via Email
Gratis...Gaes...