Info Kekinian
Live
wb_sunny

Breaking News

Ternyata Begini Awal Mula Munculnya Izin Investasi Miras pada Perpres 10 Tahun 2021

Ternyata Begini Awal Mula Munculnya Izin Investasi Miras pada Perpres 10 Tahun 2021

Jaditau.id |
Presiden Joko Widodo resmi mencabut lampiran izin investasi miras pada Perpres Nomor 10 Tahun 2021 per Selasa 2 Maret 2021.

Langkah tersebut banyak diapresiasi sejumlah pihak, tapi ada juga yang mempertanyakan bagaimana awal mula bisa masuknya izin investasi miras pada Perpres itu.


Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan, salah satu pertimbangan investasi miras dibuka di empat provinsi adalah demi kearifan lokal wilayah tersebut. Empat provinsi itu adalah Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Utara, dan Papua.

"Salah satu pertimbangan pemikiran kenapa ini (izin investasi dibuka) untuk di beberapa provinsi itu saja karena memang di daerah itu ada kearifan lokal," ujar Bahlil dikutip dari ANTARA, Selasa 2 Maret 2021.

Bahlil juga menuturkan dasar pertimbangan memasukkan aturan izin investasi miras karena setelah memperhatikan masukan dari pemerintah daerah dan masyarakat setempat terhadap kearifan lokal.

Bahlil menjelaskan, salah satu contohnya yakni Sopi, minuman beralkohol khas NTT. Menurut dia, minuman tersebut memiliki nilai ekonomi tinggi tetapi tidak bisa didorong menjadi industri besar karena masuk kategori terlarang. Contoh lainnya, lanjut Bahlil, yaitu arak lokal Bali yang berkualitas ekspor.

Namun dalam perjalanannya ternyata penerbitan Perpres 10/2021 ini menimbulkan banyak pro kontra di kalangan masyarakat. Berbekal aspirasi-aspirasi tersebut, Bahlil pun kemudian menyampaikannya kepada Presiden Jokowi hingga kemudian diputuskan bahwa poin soal investasi miras dalam Perpres 10/2021 dicabut.

"Aspirasi-aspirasi itu kami sampaikan juga kepada Bapak Presiden lewat Pak Mensesneg sehingga kemudian pikiran ini, aspirasi ini, sangat dihargai dan didengar dan dihormati. Dan kemudian Bapak Presiden memutuskan untuk itu (pembukaan investasi miras) tidak dilakukan," tandasnya.***

Tags

Jaditau.id

Pengen Tau Info Terbaru Biar Makin Pintar?
Ikuti Dengan Cara Berlangganan Via Email
Gratis...Gaes...