Info Kekinian
Live
wb_sunny

Breaking News

Terpaksa Sepeda Motor Terabas Banjir? Ikuti Tips Ini

Terpaksa Sepeda Motor Terabas Banjir? Ikuti Tips Ini

Jaditau.id |
Melewati jalanan banjir bisa mengakibatkan mesin motor mati atau mogok. Jika mesin kemasukan air, maka terpaksa Anda harus membongkar dan membersihkannya di bengkel terdekat. Tapi, ada tips menghindari itu semua.

Sebenarnya masalah motor mogok karena banjir itu bisa dihindari. Namun, butuh trik khusus untuk mencegah agar mesin motor tidak terendam air. Ingin tahu cara aman terobos banjir agar tidak mogok?

Berikut sejumlah langkah sederhana agar sepeda motor Anda tetap perkasa melintasi genangan air:

1. Teliti memilih jalur yang akan dilintas

Saat melintah pilih jalur yang genangan airnya tidak terlalu tinggi. Sebelum melewati jalur tersebut, lebih baik Anda melihat pengendara lainnya dulu.

Namun perlu diperhatikan apakah jalur yang dilalui pengendara pertama tadi genangan airnya dalam atau dangkal. Jika dangkal Anda bisa mengikuti dari belakang.

2. Jangan berhenti di tengah banjir

Ketika menerabas banjir, sebaiknya motor jangan sampai berhenti. Jika motor berhenti, kemungkinan mesin kemasukan air itu semakin besar.

Pacu terus motor Anda dengan gas yang stabil, tidak naik-turun. Agar air tidak masuk kedalam kenalpot.

3. Posisikan perseneling pada gigi satu

Saat berjalan gunakan gigi satu agar tarikan motor lebih enteng saat menerobos banjir. Hal ini menghindari adanya air yang masuk melalui knalpot.

Tahan terusa gas pada posisi yang sama (stabil), jangan sampai turun karena air bisa masuk ke mesin.

4. Untuk motor transmisi otomatis, putar gas konstan

Namun apabila motor Anda berjenis skutik, usahakan putar gas secara konstan dan jaga putarannya tidak terlalu tinggi saat menerjang banjir.

Jika harus mengerem, jangan melakukannya dengan mendadak. Kocok perlahan rem belakang dan diikuti dengan rem depan untuk menambah efek pakem dari pengereman.

5. Hindari genangan dengan arus deras

Perhatikan seberapa besar arus banjir di jalan yang akan Anda lalui. Terus jaga keseimbangan Anda agar tidak terbawa arus atau terjatuh dari motor.

Pastikan gelombang air yang disebabkan oleh pengendara lain juga bisa menghambat Anda. Karenanya, Anda tetap harus waspada.

6. Gunakan jasa gerobak

Jika kondisi genangan air sudah parah, lebih baik Anda gunakan jasa gerobak angkut. Untuk melewati jalan genangan air tersebut.

Dengan menggunakan jasa gerobak angkut ini, mesin sepeda motor Anda akan aman dari ancaman kemasukan air.

7. Cari jalan lain

Jika ada alternatif jalan lain yang kiranya lebih aman, buat apa repot-repot mengambil risiko lebih tinggi untuk menerjang banjir. 

Putar motor Anda dan arahkan menuju jalan alternatif tersebut. Walaupun waktu lebih lama, akan tetapi resiko dihadapi akan lebih kecil.


Tags

Jaditau.id

Pengen Tau Info Terbaru Biar Makin Pintar?
Ikuti Dengan Cara Berlangganan Via Email
Gratis...Gaes...