Info Kekinian
Live
wb_sunny

Breaking News

Tips Jitu Atasi HP Jika Kemasukan Air, Begini Caranya

Tips Jitu Atasi HP Jika Kemasukan Air, Begini Caranya

Jaditau.id |
Di musim hujan tidak sedikit barang-barang elektronik ditempat rawan terkena dampak banjir. Sehingga banyak barang elektronik kemasukan air dan menjadi rusak. Untuk itu kita harus antisipasi agart tidak terjadi pada diri kita.

Nah, untuk menjaga sesuatu hal yang tidak diinginkan. Salah satunya melindungi perangkat elektronik yang sehari-hari dibawa, seperti smartphone, ketika turun hujan.

Smartphone memang wajib mendapat perlindungan lebih ketika musim hujan. Pasalnya, tidak semua ponsel pintar memiliki fitur tahan air. Jadi, bisa mudah rusak ketika terkena air.

Kalau kehujanan mungkin masih bisa diatasi. Tapi, bagaimana jika HP kesayanganmu itu terkena air atau tercebur hingga basah kuyup? Ada banyak kemungkinan hal tersebut bisa terjadi. Mungkin kamu tidak sengaja menjatuhkannya saat berkendara, berjalan, atau ketika sedang memainkan handphone kamu.

Nah, kalau terjadi seperti itu biasanya banyak yang panik dan melakukan langkah-langkah yang salah. Menghadapi puncak penghujan ini, alangkah baiknya kamu mengantisipasi jika handphone sampai tercemplung atau kemasukan air. Berikut beberapa hal yang perlu kamu hindari jika HPmu Kemasukan air:

1. Jangan Langsung Dinyalakan

HP kamu tercebur, tentunya membuat panik. Sebagian besar oranh mungkin akan langsung mencoba menyalakan HP-nya, tapi tahukah kamu kalau itu adalah cara yang salah! Ini karena ketika HP kamu terkena air atau hingga terendam air, biasanya air-air itu akan langsung menyebar dan terserap ke semua komponen.

Kalau kamu langsung menyalakannya, nantinya akan rentan terjadi korsleting. Maka dari itu, kalau bisa langsung kamu keringkan saja jika habis tercebur.

2. Tunggu Satu Sampai Dua Hari

Tadi di poin pertama sudah disebutkan jika HP kamu terkena air atau tercebur, kamu jangan langsung menyalakannya. Mungkin kamu panik atau ada keperluan lain yang segera dilakukan lewat HPmu.

Tapi, HP tersebut harus didiamkan dulu satu sampai dua hari. Pastikan sudah aman dan kering. Jika tidak, kemungkinan HP kamu bisa terjadi korsleting.

3. Jangan Dijemur di Bawah Matahari Langsung

Jika HP kamu terkena air atau basah memang kamu harus mengeringkannya, tetapi sebaiknya jangan dijemur di matahari langsung. Karena hal ini dinilai bisa membuat rusak komponen yang ada di dalamnya. Ketimbang kamu menjemurnya, kamu bisa mengeringkannya di dalam beras.

4. Jangan Dikeringkan Dengan Hair Dryer

Ada banyak cara untuk mengeringkan HP, tapi banyak orang menerapkan cara yang salah. Tadi sudah disebutkan jika kamu jangan langsung menjemur di bawah terik matahari. Nah, Kalau pakai hair dryer boleh?

Tentu tidak! Mengeringkan HP dengan hair dryer dapat meningkatkan risiko kerusakan komponen penting smartphone. Karena, panas yang dihasilkan hair dryer dapat membuat komponen listrik di dalam HP jadi cepat naik suhunya.

5. Jangan Tekan Sembarang Tombol

Masih banyak orang yang melakukan hal ini dikarenakan panik, kemudian mereka memencet semua tombol yang ada di HP-nya untuk memastikan HP tersebut aman.

Tapi, yang ada mereka lakukan malah akan merusak. Pasalnya bisa saja air itu malah semakin masuk jika tombol-tombol tersebut dipencet.

Jadi, sebaiknya kamu tidak perlu melakukan itu, dan fokus untuk mengeringkan HP saja. Dikhawatirkan air masuk dan membuat konslet komponen.

6. Jangan Digoyang

HP tentunya akan basah jika terkena air atau tercebur. Kamu hanya perlu mengambilnya, tapi jangan digoyang-goyangkan. Mungkin maksud kamu ingin menghilangkan air yang berceceran di HP kamu. Tapi, cukup lap saja dengan kain kering atau handuk.

Kalau nanti kamu goyang-goyangkan, justru air malah makin masuk ke hardware. Hal itu tentu akan membuat kerusakan semakin parah dan sulit diperbaiki.

7. Selamatkan LCD dan Baterai

Salah satu langkah yang tak kalah penting ketika HP terkena air adalah memastikan bahwa LCD-nya kering terlebih dahulu. Kamu wajib bersihkan bagian LCD-nya terlebih dulu. Bagian ini biasanya rentan rusak setelah terkena air. 

Hal ini karena LCD berisi filamen lunak dan tidak tahan pada kelembaban air. Kalau dibiarkan basah terlalu lama, bisa muncul flek hitam pada layar LCD HP kamu. Bahkan bisa mati total karena terjadi koslet komponen.

Selain LCD, selamatkan juga baterai. Hal ini mungkin berlaku pada HP dengan baterai yang bisa dilepas. Kalau tidak, kamu mungkini bisa mengeringkannya dengan kipas. Ingat, jangan mengeringkan dengan hair dryer. Karena bisa merusak komponen di dalamnya.

8. Rendam di Beras

Salah satu cara yang katanya paling ampuh adalah dengan merendam di beras. Dengan direndam beras, maka akan terjadi panas yang bisa langsung mengeringkan ponsel tersebut.

Nah, itulah cara-cara yang harus dilakuka ketika HP Anda kemasukan air. Jangan sampai kamu melakukan hal yang seharusnya tidak dilakukan ya.

Share ke teman-teman kamu jika artikel ini bermanfaat...

Tags

Jaditau.id

Pengen Tau Info Terbaru Biar Makin Pintar?
Ikuti Dengan Cara Berlangganan Via Email
Gratis...Gaes...