Pahami Perbedaan Meteor dan Meteorit, Simak Ulasannya dari Berbagai Segi


Jaditau.id
- Perbedaan meteor dan meteorit bisa terlihat dari berbagai sisi. Memang istilah tersebut sangatlah mirip dari segi bahasa. Namun keduanya memiliki perbedaan yang sangat jelas, terutama dari ciri-cirinya.

Kebanyakan orang menyebut bintang jatuh untuk fenomena meteor yang melayang di angkasa. Padahal benda tersebut adalah sebuah batu yang memiliki berbagai ciri tersendiri. Tidak ada semua batu tersebut memiliki jenis dan ciri yang sama.

Pahami Perbedaan Meteor dan Meteorit

Mungkin masih banyak orang yang belum memahami pengertian dari meteor. Pada dasarnya meteor merupakan partikel yang mampu menghancurkan asteroid. Benda langit tersebut mengorbit pada matahari.

Dalam hal ini, selalu terbakar ketika memasuki atmosfer bumi. Hal tersebut menimbulkan efek adanya bintang jatuh. Sehingga orang-orang melihat meteor jatuh, bukan bintang.

Orang-orang tidak sedang melihat bintang yang bergerak seolah-olah bergeser dari tempatnya. Nah, meteor yang tidak sampai ke bumi tanpa melalui disintegrasi bernama meteorit.

Sebagian besar meteor merupakan potongan debu dan es komet. Ukurannya sangatlah kecil, bahkan tak lebih besar dari sebutir beras. Walaupun begitu, masih terlihat dari permukaan bumi meski hanya berupa titik.

Meteorit adalah bentuk dari meteor yang tidak habis terbakar dan mencapai permukaan bumi. Adanya tumbukan hebat dari meteorit ke bumi bisa menimbulkan adanya lubang besar. Sehingga berbahaya jika jatuh di sembarang tempat.

Untuk tahu lebih detail apa saja perbedaannya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Ukuran yang Berbeda

Perbedaan meteor dan meteorit berikutnya terletak pada ukurannya. Dalam hal ini, perlu pengetahuan mengenai ukuran meteor dan meteorit.

Sudah pasti ukuran dari meteor jauh lebih besar daripada meteorit. Meteoroid memiliki ukuran sebesar 1.265 meter.

Kawah pertama yang cukup besar karena jatuhnya meteorit adalah Arizona sekitar 49.000 tahun lalu. Saat itu meteor yang jatuh memiliki ukuran sekitar 45,72 meter. Walaupun berukuran kecil, namun mampu membentuk kawah hingga sebesar 2 km.

Dalam hal ini, kawah mampu mencapai kedalaman 175 meter. Bahkan dampaknya juga menyebabkan pinggiran kawah terangkat sebesar 45 cm.

Posisi atau Letaknya

Kemudian ada perbedaan meteor dan meteorit berdasarkan letaknya. Meteor berada di dalam lapisan atmosfer yang masih belum terjatuh ke permukaan bumi.

Berbeda dengan meteorit yang letaknya ke permukaan bumi. Meteorit adalah hasil jatuhnya meteor yang tidak terbakar dengan membentuk batu. Nah, kandungan dalam batu tersebut berupa zat nikel dan besi.

Sifat Masing-Masing Benda

Meteor merupakan benda langit yang dinantikan kemunculannya. Banyak yang memanjatkan doa serta harapan ketika melihat bola tersebut. Meteor terbentuk dari adanya meteoroid yang jatuh.

Perbedaan meteor dan meteorit ini sangat terlihat jelas. Meteoroid letaknya tidak jauh dari bumi dan sering tertarik oleh adanya gaya gravitasi. Saat meteoroid jatuh, maka akan terjadi gesekan dengan lapisan atmosfer.

Tak lama setelah itu, benda langit ini akan terbakar habis sebelum akhirnya sampai ke bumi. Proses terjadinya meteor jatuh sering terlihat dari bumi yang sangat menarik.

Sedangkan meteorit merupakan partikel yang tidak habis terbakar oleh lapisan atmosfer. Jatuhnya benda ini membawa tenaga yang cukup besar. Pasti juga menyebabkan dentuman apabila menyentuh permukaan bumi untuk pertama kalinya.

Perbedaan meteor dan meteorit juga terlihat dari segi ciptaannya. Meteor adalah sebuah meteoroid atau partikel yang menghancurkan asteroid dan komet. Keduanya selalu mengorbit pada matahari.

Tentunya sebagian besar adalah potongan debu dan es yang sangat menarik. Sedangkan meteorit adalah batuan yang memecah asteroid pada sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter.

Waktu pembentukan meteor hanya 3 sampai 6 tahun. Hal tersebut juga berlaku untuk pembentukan meteorit yang tergantung dengan meteor. Dari sini Anda sudah paham bukan segi ciptaannya?

Memang tidak banyak perbedaan antara keduanya. Namun, sebenarnya dua benda tersebut masih saling berkaitan satu dengan lainnya. Pastikan Anda memahaminya dengan baik dan cermat.

Kini Anda sudah tahu apa saja perbedaan antara meteor dan meteorit. Dengan demikian, Anda tak perlu lagi bingung apabila harus menyebut perbedaannya. Pembahasan ini harapannya bisa menambah wawasan Anda mengenai astronomi. (Red)