Begini Cara Mudah Mendapatkan Uang dari YouTube Shorts


Jaditau.id |
Semakin gencarnya YouTube menggaet lebih banyak kreator untuk menggunakan YouTube Shorts, fitur video pendek yang mirip dengan TikTok dan Reels Instagram. 

Yaitu salah satu caranya adalah dengan memberi iming-iming imbalan atau gaji dengan nilai total 100 juta dollar AS atau setara Rp 1,43 triliun, melalui program bernama Shorts Fund.

Namun ada cara mudah untuk mendapatkan uang dari YouTube Shorts. Jika memiliki akun YouTube, Anda bisa dengan mudah mendapatkan uang tambahan secara online dari YouTube atau Shorts.

Saat ini Google telah mengeluarkan layanan baru YouTube Shorts. Menurut halaman dukungan Google, YouTube Shorts adalah cara bagi siapa saja (konten kreator) untuk terhubung dengan penonton barunya hanya dengan menggunakan smartphone dan kamera Shorts di aplikasinya.

Video Shorts dari YouTube sendiri mempermudah Anda untuk membuat video berdurasi singkat hingga 60 detik. 

Raksasa teknologi ini mengambil langkah awal untuk cara mudah mendapatkan uang dari YouTube Shorts yakni dengan Fund.

"Untuk saat ini, kreator video Shorts tidak berbagi pendapatan dari iklan yang diputar di pemutaran Shorts. Sebagai gantinya, kami memperkenalkan Pendanaan YouTube Shorts, yakni dana sebesar 100 juta dolar AS untuk kreator yang membantu membangun masa depan video Shorts di YouTube," tulis penjelasan Google di halaman dukungannya.

Ada beberapa cara s
elain Shorts Fund yang bisa digunakan pemubuat konten agar terus memperoleh lebih banyak pendapatan dari konten YouTubenya. 

Berikut penjelasan dalam blog Google, simak caranya:

1. Iklan

Iklan telah menjadi inti aliran pendapatan kreator konten, dan terus menjadi cara utama pembuat konten dapat menghasilkan uang di YouTube. Setelah bergabung di YPP, kreator dapat memutuskan video mana yang akan diaktifkan iklannya.

Selain Pedoman Komunitas Google, video harus memenuhi Pedoman yang Cocok untuk Pengiklan agar memenuhi syarat untuk iklan. Pembuat konten menerima sebagian besar pendapatan yang dihasilkan dari iklan di YouTube.

2. YouTube Premium YouTube

Premium adalah opsi langganan berbayar yang memungkinkan member menikmati konten bebas iklan, pemutaran di latar belakang, unduhan, konten eksklusif, dan akses premium ke aplikasi YouTube Music. Sebagian besar pendapatan langganan masuk ke mitra YouTube.

3. Merchandise

Galeri merchandise memungkinkan channel untuk menampilkan merchandise bermerek resmi mereka langsung di halaman tonton di YouTube.

4. Super Chat

Penggemar yang menonton live stream dan Premiere dapat membeli Super Chat: pesan yang disorot dalam aliran chat yang menonjol dari yang lain untuk mendapatkan lebih banyak perhatian kreator favorit mereka.

5. Super Stickers

Cara lain pengikut dapat menunjukkan dukungan selama streaming langsung dan Premiere adalah dengan Super Stickers, yang memungkinkan penggemar membeli stiker menyenangkan yang menonjol.

6. Channel Memberships

Dengan Channel Memberships, kreator dapat menawarkan manfaat dan konten eksklusif kepada penonton yang bergabung dengan channel mereka sebagai pelanggan berbayar bulanan dengan harga yang ditetapkan oleh kreator.

7. Super Thanks

Viewers juga dapat mengucapkan terima kasih dan apresiasi pada video yang diunggah mealui Super Thanks. Dengan Super Thanks penggemar dapat mendukung channel favorit mereka sekaligus memberi kreator akses ke sumber pendapatan baru. 

Sebagai bonus, penggemar akan mendapatkann komentar yang berbeda dan penuh warna untuk menyoroti pembelian, yang dapat ditangapi oleh pembuat konten.

Nah, semikian cara mudah mendapatkan uang dari YouTube Shorts sekarang. Dan cara mendapatkan uang dari YouTube lainnya. (Red)