Begini Tips Download Aplikasi dari Internet dengan Aman!


Jaditau.id
| Layanan dunia internet sekarang ini memberikan kemudahan untuk menyimpan bahkan berbagi file tanpa harus menggunakan ruang internet.

Meski itu dengan jarak dan waktu, segala macam software atau 
jenis aplikasi dapat disimpan dan dibagikan dengan mudah. 

Akan tetapi, saat kita melakukan penyimpanan ini untuk mendownloadnya kembali apabila ingin menggunakannya dari internet aman?

Ketika kita 
mendowload aplikasi dapat berisiko mengambil sejumlah besar virus berbeda dan bahkan scammer yang tidak bertanggungjawab bisa mencuri informasi pribadimu, kemudian menggunakannya dan bahkan justru menjualnya. 

Adapun salah satu mendowload aman yaitu dengan menggunakan VPN agar masalah virus dapat teratasi. Adapun  tips bagaimana agar kamu tetap aman saat mendowload aplikasi dari internet sebagai berikut.

Kamu harus pastikan hanya 
mendowload dari sumber dan situs terpercaya

Langkah awal mudah saja untuk mengatakan bahwa hanya 
mendowload dari sumber dan situs terpercaya dapat menghindarkan kamu dari virus. 

Akan tetapi pada kenyataannya tetap saja masih banyak dari kita yang tertipu dengan situs palsu atau milik para peretas. 

Lantas, bagaimana kamu memeriksa apakah suatu situs aman untuk didownload?

Ketika kamu mengetikkan kata kunci nama aplikasi yang kamu inginkan, biasanya situs resmi dari aplikasi tersebut akan berada di posisi paling atas. Jadi kamu bisa memastikan bahwa nama aplikasi dan nama situsnya sesuai yang diharapkan.

Tetapi tak jarang sumber resmi ini berbayar alias tidak gratis. Sehingga bagi kita yang kurang biaya seringkali sangat menginginkan aplikasi gratis dengan cara mencari alternatif lain demi mendapatkannya. 

Dengan kondisi tersebut menjadi peluang bagi para hacker/peretas dengan cara menawarkan aplikasi-aplikasi gratis, sehingga sering kali banyak yag tergoda.

Ya terkadang tidak semua yang gratis itu berbahaya, akan tetapi kamu selektif untuk membedakan mana yang benar-benar gratis dan mana yang gratisnya ada tujuan tertentu.

Lalu bagaimana cara untuk mencegah pendowloadan virus meskipun aplikasinya gratis?

Untuk caranya yaitu dengan memeriksa keabsahan situs pada bagian “Hubungi Kami” atau “Tentang” situs web tersebut. Jika kamu bisa memvalidasi nomor telepon, alamat fisik, berita terkait situs tersebut dan lain-lain, maka situsnya bisa dipercaya.

Akan tetapi, jika kamu tiba-tiba mendapatkan email dan berisi lampiran untuk didonload, maka sebaiknya tidak membuka email atau 
mendowload lampiran emailnya tanpa kamu yakin pengirim dari email tersebut.

Langkah lain cari ulasan dari pengguna lain tentang aplikasi tersebut

Meskipun aplikasi yang kamu inginkan tidak begitu familiar, kamu bisa searching tentang aplikasi tersebut. Biasanya, jika mereka serius dengan aplikasi yang mereka kembangkan, tentu mereka akan memperhatikan review dari user mereka.

Jika kamu tidak puas hanya dengan tulisan-tulisan seputar ulasan aplikasinya, kamu bisa coba cari di Youtube. Kamu bisa mengetahui ulasan pengguna lewat video review yang dibuat pengguna aplikasi tersebut.

Jika kamu sudah cek ulasan-ulasan dari para penggunanya dan kamu sudah yakin itu benar maka kamu bisa mendownload aplikasi tersebut. Semoga saja keyakinan kamu benar dan aplikasinya aman.

Agar lebih meyakinkan, scan file aplikasi agar tahu ada virus atau tidak

Kamu mungkin sudah 
mendowload aplikasi yang kamu inginkan dan ingin memastikan apakah aplikasi tersebut bebas dari antivirus.

Lalu, bagaimana cara mengetahui apakah download mengandung virus?

Pastikan kamu belum membuka atau menjalankan file dari aplikasi tersebut sebelumnya.

Langkah pertama yang bisa kamu ambil yaitu memindai file dengan anti-virus. Dan sebagai tambahan, jangan lupa untuk tetap menjalankan anti-virus yang kamu punya.

Download dan instal VPN di perangkat

Jika tidak dengan antivirus, kamu bisa menginstal sendiri VeePN yang dapat membantu kamu melacak apakah ada virus yang terdonwload.

Kalau kamu menggunakan chrome sebagai browser sehari-hari, kamu bisa menggunakan VPN for google chrome sebagai perlindungan khusus browser. Google chrome VPN extension dapat melindungi dari virus saat menjelajah internet. Kamu bisa menggunakannya secara gratis atau free trial.

Kamu bisa dengan mudah dan cepat 
mendowload VeePN for apps. Bila belum yakin kamu bisa cari tahu apa itu VPN di link yang tertera. Jangan khawatir karena VeePN ini adalah VPN download aman dan dapat mengamankan aktivitas browsing kamu.

Setelah merasa aman dengan adanya VPN, berselancar di internet pun menjadi lebih nyaman, bukan?

Perlu diperhatikan ekstensi file aplikasi

Selain memindai file dengan antivirus sebelum 
mendowload atau menjalankan aplikasi, perhatikan juga format file. Pakar internet mengatakan bahwa file yang dapat dijalankan dengan format .exe atau .scr seringkali dianggap bahaya dan sebaiknya dihindari.

Sekalipun kamu 
mendowloadfile dengan salah satu format di atas dari situs web atau kontak email terpercaya, tidak ada salahnya untuk memastikan keamanannya. Cobalah untuk memindai file terlebih dahulu sebelum menjalankannya dan menimbulkan ancaman.

Cadangkan perangkat atau simpan data penting di beberapa tempat
Jika sudah terlanjur diserang virus, tentu kamu akan kesulitan bukan. Apalagi jika pada perangkat yang kamu gunakan mengandung data yang penting semua.

Seperti ibarat kata sedia payung sebelum hujan. Penting untuk menyalin data penting dan menyimpannya di tempat lain yang aman. Karena jika sudah terinfeksi virus, bisa-bisa semua data penting kamu sama sekali tidak bisa digunakan lagi.

Namun, satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan adalah menyetel ulang perangkat seperti semula dan memulihkan data penting setelahnya agar hacker gagal mencuri data atau mengunci akun-akun yang kamu punya.

Kesimpulan

Itulah tips dari kami untuk 
mendowload aplikasi dari internet dengan aman. Zaman moderen ini, sangat mudah untuk mendowload virus yang akan membahayakan kehidupan sosial kamu, tetapi untuk melindungi hidupmu dari hal tersebut bahkan jauh lebih mudah!

Selalu jaga terus keamanan selama berhubungan dengan internet dengan mengikuti tips dan cara yang telah diberikan. Semoga artikel ini bermanfaat. (*)