Mengejutkan, Amazon Bakal Tutup Layanan Alexa.com


Jaditau.id |
Pengguna atau pemilik website pasti tahu tentang layanan Alexa.com, layanan ini sering dipakai orang-orang. Namun, secara mengejutkan Amazon menutup layanan Alexa.com. 

Alexa Internet, Inc. adalah sebuah anak perusahaan dari Amazon.com yang berbasis di California, dan menyediakan data komersial terkait traffic web. 

Situs itu merupakan layanan peringkat website dan sudah hadir lebih dari 25 tahun. Didirikan sebagai sebuah perusahaan independen pada tahun 1996, Alexa kemudian diakusisi oleh Amazon pada tahun 1999

Perusahaan Alexa hanya mengatakan akan menutup layanan per 1 Mei 2022 mendatang. Pihak Alexa dalam pengumumannya di laman Support tak menyebut alasan penutupan tersebut. 

Namun laman Bleeping Computer mengatakan kemungkinan karena penurunan popularitas signifikan. Mengutip data Semrush, merupakan platform SaaS manajemen visibilitas online, trafik organik Alexa terus mengalami penurunan, Kamis (9/12/2021).

Selain menyediakan layanan peringkat website, Alexa.com juga diketahui menyediakan tools analisa SEO dan pesaing dengan berlangganan berbayar.

Alexa juga telah mengumumkan penutupan itu dalam laman Supportnya. Perusahaan mengatakan akan menutup layanan pada 1 Mei 2022 mendatang.

"Dua puluh lima tahun lalu, kami mendirikan Alexa Internet. Setelah dua dekade membantu Anda menemukan, menjangkau dan mengkonversi audiens digital Anda, kami membuat keputusan sulit untuk menghentikan Alexa.com pada 1 Mei 2022," kata tim Alexa.

Layanan berlangganan juga telah dihentikan Alexa per 8 Desember 2021 UTC. Untuk pengguna yang sudah berlangganan masih bisa hingga 1 Mei 2022.

Untuk tagihan langganan terakhir adalah 1 April 2022 UTC. "Konsumen masih akan terus memiliki akses ke Alexa.com hingga 1 Mei 2022 UTC," kata Alexa.

Pihak Alexa juga sudah menghentikan penggunaan API per 8 Desember 2022 mendatang. Selain itu perusahaan menawarkan mengeksport data untuk pengguna layanan tersebut.

Eksport data bisa dilakukan melalui sejumlah tools dari Content Exploration, Site Audit, Competitor Keyword Matrix, Keyword Difficulty, On-Page SEO Checker, Competitor Backlink Checker, Audience Overlap, Audience Interest, Site Keywords, Site Screener, Site Comparisons, Sites Linking In, dan Workspace.