Anak Takut Jarum Suntik? Begini Caranya Menenangkan Saat Vaksin COVID-19


Jaditau.id
| Saat ini di beberapa daerah sudah mulau disuntik vaksin Covid-19 anak usia 6-11 tahun. Namun kekhawatiran orang tua bisa muncul apabila anak-anak takut jarum suntik jelang vaksinasi Covid-19.

Gejala trypanophobia atau sebutan takut jarum suntik umum terjadi pada anak-anak. Gejala ini bisa menimbulkan banyak keringat muncul hingga rasa ketakutan luar biasa.

Namun jika muncul ketakutan jarum suntik pada anak usia 6-11 tahun, maka orang tua bisa kesulitan membujuk saat suntik vaksin Covid-19.

Nah, agar anak patuh untuk melakukan suntik vaksin Covid-19, orang tua bisa menerapkan beberapa cara mengatasi takut jarum suntik.

Melansir dari Jaditau.id dari Indonesiabaik.id, fobia jarum menjadi tantangan tersendiri pada vaksinasi COVID-19, khususnya untuk anak usia 6-11 tahun.

Tips Agar Anak Berani Vaksin

Tidak semua anak bisa disuntik dengan mudah dan tanpa penolakan. Ketakutan akan jarum suntik pada umumnya terjadi pada usia anak-anak. 

Ada beberapa anak yang mungkin mengalami fobia jarum yang bisa membuat anak merasa takut, menangis dan tidak mau divaksin. 

Lalu, bagaimana cara mengatasinya?
 
  1. Jangan dipaksa, tenangkan dulu sampai anak mau
  2. Dibujuk pelan-pelan dengan diajak ngobrol
  3. Beritahu manfaat vaksin dengan bahasa sederhana
  4. Saat divaksin, alihkan perhatian anak dari jarum suntik, ajaklah mengobrol
  5. Buat anak merasa rileks dengan memeluk dan menepuk-nepuk lembut punggungnya
  6. Jika anak panik, tenangkan dengan menyuruhnya menarik napas panjang
  7. Dampingi anak sebelum dan sesudah vaksin (terkait efek samping). (Red)