Hanya Untuk Kulit Berjerawat, Berikut 5 Tips Double Cleansing


Jaditau.id
| Merawat kulit wajah memang bukan suatu perkara mudah. Ketika salah langkah sedikit saja bisa memicu timbulnya jerawat baru. 

Ada beberapa langkah merawat wajah, salah satu step yang paling sering diabaikan tapi ternyata penting banget adalah cleansing

Nah, ika kamu tidak membersihkan wajah dengan optimal, maka residu yang tertinggal dapat menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat. 

Untuk itu kamu wajib melakukan double cleansing!. Lantas apa itu doble cleansing?

Double cleansing adalah kegiatan membersihkan wajah dengan dua tahap pembersihan menggunakan bahan yang berbeda. 

Tahap pertama adalah dengan menggunakan pembersih wajah berbahan dasar seperti minyak (cleansing oil), susu (milk cleanser), dan air (micellar water) untuk membersihkan wajah dari makeup.

Tahap kedua dari double cleansing adalah membersihkan wajah dengan sabun pembersih. Semakin lembut busa dari sabun yang kamu pakai, maka semakin efektif juga partikel dari busa tersebut membersihkan pori-pori wajahmu. 

Jika sisa-sisa dari makeup dan polusi pada wajah tidak dibersihkan secara tuntas, takutnya hal tersebut dapat menyebabkan bertumbuhnya jerawat.

Nah untuk itu, double cleansing ini nggak bisa dilakukan sembarangan, apalagi jika kamu memiliki kulit yang cenderung berjerawat. 

Tapi nggak usah khawatir, Jaditau.id punya lima tips double cleansing yang benar untuk kulit berjerawat. Apa aja? Udah langsung simak baik-baik ya artikel ini

1. Pilih first cleanser yang aman

Penting banget nih memilih first cleanser yang nggak memicu timbulnya komedo. Kamu bisa pilih cleansing oil/gel yang sudah non-comedogenic dan teksturnya ringan. 

Jadi lebih aman di kulit yang berjerawat. Selain itu, bisa juga menggunakan produk yang mengandung tea tree karena bersifat anti-inflamasi dan menenangkan kulit.

2. Lakukan dengan lembut

Gerakan yang terlalu kasar justru membuat kulit jadi lebih rentan iritasi, lho. Sebaiknya lakukan double cleansing dengan cara yang gentle dan lembut. Hindari juga pengunaan cleansing tools karena bisa membuat kulitmu mudah terluka.

3. Gunakan face wash yang gentle

Nggak hanya first cleanser saja, memilih face wash juga harus yang gentle lho. Gunakan produk yang tidak meninggalkan rasa kesat ataupun membuat kulit menjadi kering. Sebaiknya pilih face wash yang tidak mengandung SLS atau alkohol, ya.

4. Basuh menggunakan air hangat lalu air dingin

Setelah menggunakan first cleanser, basuh wajah kamu menggunakan air hangat agar kotoran dan sebum bisa terangkat sempurna dari pori-pori. 

Jika sudah melakukan first dan second cleanser, barulah kamu bilas wajah dengan air dingin agar pori-pori kembali tertutup dan menjaga kelembapan kulit.

5. Lanjutkan dengan skincare

Setelah melakukan double cleansing, penting banget menggunakan skincare yang mampu mengembalikan Ph kulit dan melembapkan. 

Untuk itu jangan lewatkan hydrating toner dan moisturizer ya. Jika dibutuhkan kamu juga bisa menutup semua skincare routine dengan sleeping mask.

Nah itulah lima tips cleansing yang benar untuk kulit berjerawat. Semoga bermanfat buat kalian!