Ternyata Ini Alasannya, Kenapa Kucing Sering Memperlihatkan Bokongnya


Jaditau.id
| Kucing merupakan hewan yang lucu dan memiliki tingkah laku yang unik, hal ini membuat kucaing menjadi peliharaan favorit banyak orang.

Dengan tingkah lakunya membuat terkadang membuat banyak orang tertawa, atau bahkan kebingungan. 

Salah satu perilakunya yang aneh adalah memperlihatkan bagian bokong atau pantatnya ke orang yang baru dikenal.

Melansir Jaditau.id dari Daily Paws, Selasa (25/1/2022), perilaku kucing memperlihatkan bokongnya pada wajah mungkin tampak aneh bagi manusia, tetapi sama seperti kepala yang menyentak dan menggosok Anda, kucing berkomunikasi dengan manusia melalui perilaku ini. 


"Hal yang salah adalah ketika kita salah menafsirkan suatu perilaku dan melihatnya sebagai penghinaan, buruk, atau menjijikkan," kata Pam Johnson Bennett, penulis dan pemilik Cat Behavior Associates. 

"Jika Anda menginginkan hubungan yang lebih baik dengan kucing Anda, luangkan waktu untuk mempelajari cara kucing berkomunikasi. Anda mungkin melewatkan begitu banyak contoh kucing yang menunjukkan betapa dia mencintai Anda," tambah dia. 

Nah, berikut alasan mengapa kucing memperlihatkan bokongnya ke orang yang baru dia kenal.

1. 
 Menginginkan kasih sayang

Untuk beberapa kucing, mendorong bokongnya ke wajah Anda berarti mereka ingin dibelai. Sementara tepukan lembut dari cakar akan dilakukan, bokong yang diarahkan ke wajah adalah cara yang pasti untuk masuk ke garis pandang Anda dan mendapatkan sedikit perhatian ekstra. 

Jadi, ketika kucing Anda memperlihatkan bokong ke wajah Anda, dia mungkin hanya ingin berikan kasih sayang dan perhatian. 

2. Kucing bersikap sopan

Pernahkah Anda bertanya-tanya apakah kucing menyapa kucing lain? Johnson Bennett mengatakan mereka melakukannya, dan halo yang ramah tidak akan lengkap tanpa mengendus bokong yang baik. 

"Di dunia kucing, penyajian bagian belakang dianggap etiket yang tepat," kata Johnson Bennett.


"Kucing yang bersahabat satu sama lain akan sering mendekat dengan ekor terangkat. Mereka akan mengendus hidung dan kemudian satu kucing akan berbalik untuk menyajikan bokongnya untuk mengendus," lanjut dia. 

Kelenjar aroma dan feromon terkait yang ditemukan di bagian belakang kucing menawarkan kepada teman kucing mereka detail tentang siapa mereka dan di mana mereka berada.

3. Tanda kepercayaan 

"Di alam liar, kucing selalu waspada, mengawasi wilayah mereka untuk mangsa potensial atau ancaman potensial," jelas Johnson Bennett.

Ketika kucing berada di tempat yang aman dengan orang-orang yang mereka percayai, mereka cenderung menutup mata dan bahkan mungkin membelakangi Anda, dan ini merupakan tanda kepercayaan yang paling utama. 

Meskipun posisi bokongnya menghadap ke wajah adalah yang paling rentan bagi kucing, bukan berarti dia tidak mempercayai Anda jika dia tidak meletakkan pantatnya atau membelakangi Anda, kata Johnson Bennett. 

"Bahkan kucing dalam rumah yang sama akan memiliki preferensi yang berbeda dalam hal bagaimana mereka menunjukkan kasih sayang dan kepercayaan," jelasnya.


Lalu haruskah menghentikan kucing saat memperlihatkan bokongnya ke wajah? Membangun ikatan dan hubungan saling percaya dengan kucing Anda yang menarik membutuhkan komitmen untuk memahami bahasa tubuh mereka.

Jika kucing Anda mencoba berkomunikasi dengan cara yang tidak begitu menyenangkan bagi Anda, seperti pantat di wajah, Johnson Bennett mengingatkan Anda bahwa jika mendorong atau menghukum kucing karena perilaku ini mungkin akan membuatnya takut atau bingung. 

Namun sebagai gantinya, dirinya merekomendasikan, pertimbangkan untuk mengubah posisinya dengan lembut dan memberinya cinta yang sangat layak dia dapatkan. (Red)