Tips Menjaga Diri dan Terhindar dari Omicron


Jaditau.id
- Virus Covid-19 varian Omicron tidak cuma menjadi kabar dari negara jauh, tetapi sudah ada di negara kita. Melakukan langkah ekstra untuk menjaga diri sendiri dan orang di sekeliling menjadi penting.

Bukan berarti seseorang tidak boleh berjumpa siapapun. Kontak dengan keluarga dan sahabat pada saat pandemi bagaimanapun merupakan kebutuhan. Dengan catatan, perhatikan protokol kesehatan saat bertemu orang lain.

Ini bukan lagi awal 2020 ketika dunia terkejut dengan kehadiran Covid-19. Ada banyak hal yang bisa dijadikan senjata melawan virus, meski semua hal tetap harus dilakukan dengan hati-hati.

Salah satu contoh sederhana, seseorang bisa memilih masker yang menawarkan perlindungan lebih baik. Saat bepergian, pakai masker ganda atau masker N95. Pastikan ukurannya pas menutupi hidung dan mulut.

Jika memungkinkan, lakukan tes Covid-19 sebelum bertandang ke acara tertentu seperti kumpul keluarga. Terutama, apabila di antara orang yang akan dijumpai termasuk kelompok yang rentan terinfeksi Covid-19.

Sebelum bepergian jarak jauh, pastikan sudah mendapat vaksin, teruji negatif Covid-19, dan tidak mengalami gejala. 

Setelah bepergian, buat rencana melakukan isolasi mandiri sesuai dengan anjuran pemerintah. Mungkin bagi warga di perkotaan, mendapatkan vaksin sangat mudah. 

Nyatanya, masih ada miliaran orang di dunia yang masih berjuang untuk mendapatkan aksesnya. Anda bisa berbuat sesuatu dengan tenaga atau dana yang dimiliki.

Misalnya, menjadi sukarelawan dengan cara bergabung dalam organisasi lokal untuk membantu orang lain mengakses vaksin. Bisa juga dengan cara menyumbang untuk inisiatif vaksin global, dikutip dari laman Slate.