Video WhatsApp Tidak Bisa Diputar? Begini Cara Mudah Atasinya

Foto: Dok/Jaditau.id

Jaditau.id
| Mungkin ada pengguna yang pernah mengalami masalah gagal memutar video di aplikasi Sejumlah WhatsApp (WA).

Pada umumnya kendala itu terjadi ketika video yang Anda terima dalam ruang obrolan WA tidak dapat dibuka, bahkan menampilkan keterangan 'Terjadi Kesalahan'. Permasalaha tersebut sebenarnya cukup umum terjadi. 

Nah, untuk solusinya, berikut cara mengatasi video WhatsApp yang tidak bisa diputar, yang Jaditau.id merangkum dari berbagai sumber.

1. Koneksi internet

Ketika kita memutar video WhatsApp yang gagal diputar paling sering disebabkan oleh koneksi internet yang tidak stabil. 

Ketika koneksi buruk, biasanya thumbnail video akan berwarna hitam. Untuk mengatasinya, periksa ulang koneksi internet di ponsel Anda. 

Jika Kalian menggunakan kuota data, cek kuota internet apakah masih tersedia atau sudah habis. Sedangkan jika menggunakan WiFi, Anda bisa me-reset modem.

Tunggu pastikan sampai koneksi internet kembali stabil, kemudian coba kembali mengunduh dan memutar video WhatsApp.

2. Cek kapasitas memori

Kapasitas memori atau r
uang penyimpanan internal hp yang penuh bisa menyebabkan video di WhatsApp tidak bisa diunduh dan dibuka. 

Sebab, konten multimedia seperti gambar, suara, dan video memproduksi sejumlah data yang akan tersimpan ke dalam memori internal.

Internal storage hp yang penuh otomatis membuat file baru tidak tersimpan. Jika demikian, disarankan hapus berkas media yang sudah tidak digunakan, seperti aplikasi, foto, 
dokumen,dan video.

3. Hapus cache WhatsApp

Menghapus cache bertujuan untuk menghilangkan bug dan crash di WhatsApp sehingga kinerja aplikasi menjadi ringan. Aplikasi yang tadinya error dapat berfungsi normal.

Sebelum mencoba cara hapus cache WA ini pastikan melakukan back up data atau pencadangan sebagai antisipasi semua data yang hilang karena sistem aplikasi akan di-reset ulang.

Buka menu pengaturan di Hp Anda atau App management, kemudian pilih daftar aplikasi
cari WhatsApp, lalu klik Selanjutnya, buka Penyimpanan atau Storage usage dan klik Clear data dan Clear cache, kemudian restart Hp dan login ke WhatsApp seperti semula.

Cara ini bisa Anda lakukan jika sebelumnya tidak berhasil menyelesaikan masalah tidak bisa memutar dan membuka video di WhatsApp.

4. Update aplikasi WhatsApp

Semua aplikasi pada umumnya seperti WhatsApp, biasanya melakukan update secara berkala untuk memperbaiki bug dan menambah fitur. 

Agar tidak mengalami kendala saat menggunakan WhatsApp, pengguna disarankan untuk update atau melakukan pembaruan aplikasi WA.

Periksa aplikasi WhatsApp di smartphone Anda, jika ada permintaan pembaruan, maka segera update ke versi terbaru. 

Setelah itu, operasikan kembali seperti biasa dan membuka video di WhatsApp. Tapi, jika tidak ada permintaan update, berarti bisa disebabkan masalah lain.

5. Instal ulang WhatsApp
Menginstal ulang aplikasi WhatsApp juga menjadi solusi untuk mengatasi berbagai masalah error termasuk memperbaiki video yang tidak bisa dibuka.

Sama seperti sebelumnya, jika ada data penting di WhatsApp disarankan mencadangkan data sebelum melakukan reinstall. 

Anda tinggal hapus atau uninstall aplikasi WhatsApp yang ada. Selanjutnya, buka Playstore dan unduh kembali WhatsApp.

Perlu diketahui bahwa cara mengatasi video WhatsApp yang tidak bisa diputar ini dapat Anda terapkan untuk menangani jenis file lain seperti foto.(***)