5 Manfaat Tidur dengan Posisi Menyamping, Salah Satunya Mengoptimalkan Fungsi Otak


Jaditau.id
| Istirahat dengan tidur sangatlah diperlukan, terutama saat tidur Anda nyenyak. Ini penting, sehingga dapat memberikan efek positif untuk kesehatan tubuh. 

Oleh karenanya, tidur dengan posisi yang pas dapat membantu seseorang memiliki waktu tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas.

Dalam posisi tidur seseorang tentu beragam seperti telentang, tengkurap, atau tidur menyamping. Masing-masing memiliki manfaat kesehatan yang berbeda.

Seperti yang Jaditau.id merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat posisi tidur menyamping.

1. Dapat Mengurangi Mendengkur

Pose tidur menyamping atau miring dapat mengurangi kemungkinan mendengkur. Berbeda dengan posisi telentang di mana rahang, lidah, dan jaringan lunak lainnya membebani tenggorokan sehingga mempersempit jalan napas.

Ketika orang yang biasa mendengkur menggeser posisinya dari telentang menjadi ke arah samping, dia kemungkinan besar tidak lagi mendengkur. 

Itu karena tenggorokan bebas dan tidak ada halangan yang membebaninya. Sehingga dapat mengurangi kemungkinan mendengkur.

2. Dapat Mencegah Sleep Apnea

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang berpotensi serius. Kondisi ini berbahaya dan tidak bisa dianggap enteng, ditandai dengan mendengkur keras, pernapasan terhenti, atau terengah-engah saat tidur.

Apnea tidur dapat mengarah pada masalah kesehatan lainnya seperti tekanan darah tinggi, diabetes tipe dua, penyakit jantung, dan asma. 

Tidur dengan posisi miring mengurangi kemungkinan seseorang mengalami apnea tidur obstruktif.

3. Dapat Mengurangi Sakit Punggung

Sakit punggung dan nyeri bahu dapat diringankan dengan tidur miring sambil menahan bantal di antara kedua kaki di sepanjang tungkai bawah.

Saat tidur menyamping, tulang belakang ada dalam posisi melengkung alami dan lengan rileks di depan tubuh.

4. Dapat Mengoptimalkan Fungsi Otak

Menurut ahli, tidur miring bisa membantu membersihkan racun dari otak karena membuat sistem limfatik bekerja lebih baik. Sistem limfatik adalah sistem yang membersihkan limbah di otak.

Pengaturan itu melibatkan kelenjar getah bening, juga dapat membantu mengirimkan senyawa seperti glukosa, lipid, asam amino, dan neurotransmiter. 

Keterkaitan antara tidur miring dan sistem limfatik telah dibuktikan lewat studi. Sehingga sangatlah baik buat kesehatan.

5. Dapat Membantu Pencernaan

Memilih tidur dengan posisi miring dapat membantu pencernaan, tepatnya mencegah asam lambung naik sehingga menahan isi perut lebih baik. 

Berbaring miring juga mengurangi tekanan pada bagian kerongkongan dan tak akan mudah mulas. (***)