Ini 4 Manfaat Kulit Jeruk untuk Tanaman


Ketika kita menanam dan merawat tanaman berarti harus juga memperhatikan pertumbuhan dan kesehatannya. Namun ada beberapa bahan alami yang bermanfaat untuk tanaman agar tumbuh subur dan sehat.

Mengutip dari The Sun US, Selasa (15/3/2022), seorang ahli berkebun memberikan penjelasan mengenai manfaat kulit jeruk untuk tanaman agar berkembang dengan baik.

Menurut Katie Femia, seorang blogger berkebun di The Homespun Hydrangea, menggunakan kulit jeruk adalah cara yang bagus untuk menjaga tanaman tetap ternutrisi sekaligus mencegah hama. Kulit jeruk mengandung nutrisi penting yang dapat memberi makan tanah.

Kulit jeruk dapat digunakan baik dengan membuat kompos atau cukup mengaplikasikannya langsung ke tanah. Tidak hanya itu, kulit jeruk juga berfungsi sebagai pengusir hama alami yang efektif, yang akan melindungi tanaman Anda.

“Salah satu hal yang paling saya sukai dari berkebun adalah saya dapat menggunakan begitu banyak barang dan sisa rumah tangga untuk membuat taman saya bersinar,'' kata Femia.

Nah, berikut 4 manfaat kulit jeruk untuk tanaman dan cara menggunakannya menurut Femia.

1. Mengusir hama

Bagi serangga, aroma jeruk sangat tidak disukai, menjadikannya penolak yang sangat baik untuk tamu tak diundang ini. Untuk memanfaatkan kulit jeruk, cukup letakkan di taman dan sekitar tanaman.

2. Menambah keasaman tanah

Menurut Femia, kulit jeruk dapat dikeringkan dan dihaluskan. Potongan-potongan kecil kulit jeruk dapat digunakan untuk menyuburkan tanah. Hal yang sama, tambahnya, juga dapat diperoleh dengan menambahkan beberapa kulit jeruk ke tumpukan kompos. B

Beberapa tanaman, seperti hydrangea, rhododendron, dan camelia, tumbuh subur di tanah asam. Jadi, jika Anda ingin menanam tanaman-tanaman tersebut, kulit jeruk adalah tambahan yang bagus.

3. Bisa untuk pupuk yang murah

Kaya dengan nitrogen, komponen penting untuk pupuk berada pada kulit jeruk. Bagi mereka yang berpikir bahwa tanah mungkin perlu sedikit ditingkatkan kualitasnya, Femia merekomendasikan untuk menambahkan beberapa kulit jeruk.

Kulit jeruk akan melepaskan nitrogen, menghasilkan tanah yang kaya nutrisi yang disukai tanaman. Pupuk dari kulit jeruk juga sangat mudah dibuat, cukup giling kulit jeruk dan tambahkan air secukupnya untuk membentuk pasta.

4. Untuk kompos

Menurut Femia, kompos adalah cara termudah untuk memastikan tanaman memperoleh nutrisi.

“Mulailah menyimpan sisa-sisa dapur Anda seperti kulit telur, kulit jeruk, kulit sayuran, dan bahkan junk mail sehingga Anda dapat mencabik-cabiknya dan menambahkannya ke tumpukan kompos Anda," ujar Femia.

Untuk sampah-sampah dapur ini penuh dengan beberapa nutrisi yang akan terurai dan menyatu menjadi apa yang disebut tukang kebun sebagai "emas hitam" Atau tanah bergizi yang akan memberi tanaman dorongan luar biasa yang mereka butuhkan. (***)