Lagi Ngebut Pakai Motor Ketemu Lubang, Pilih Hantam Atau Menghindari? Begini Penjelasannya


Jaditau.id
| Di saat Kalian berkendara di jalan raya, kondisi aspal tentu tidak selamanya ideal dengan permukaan yang mulus seperti di film. 
Buktinya, kondisi jalan berlubang atau rusak adalah kenyataan yang terjadi saat ini di jalan. 

Bagi pengendara sepeda motor, jalan berlubang tentu merupakan momok menakutkan yang bisa menyebabkan pelek peyang atau malah kecelakaan fatal. 

Dengan alasan ini membuat para pengendara motor yang berusaha bermanuver dan menghindari jika melihat ada lubang. 

Namun meski hal tersebut dilakukan dengan tujuan, ada baiknya pengendara tetap awas dengan pengguna jalan lain, baik itu pengemudi mobil maupun pengendara motor yang berada di belakangnya.


Baca juga: PT Jomon Persada Nusantara Buka Lowongan Pekerjaan, Pendidikan Minimal SMK/STM

Menurut penjelasan Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, jika melihat lubang usahakan jangan melakukan pengereman mendadak atau pindah jalur. 

“Misalkan kecepatan kita tinggi kemudian kaget melihat di depan ada lubang usahakan tidak ngerem mendadak atau pindah lajur. Jangan sampai waktu mengerem, kita aman tapi yang belakang tidak siap malah menabrak kita atau jauh karena kaget,” ucap Agus.

Menurut Agus, tidak sedikit pengguna jalan di belakang yang jatuh karena kaget atau bahkan menabrak pengendara yang melakukan pengereman secara mendadak. 

“Jadi, jika melihat lubang dan kondisi di jalan sedang ramai maka lebih baik hajar saja ketimbang mengerem atau menghindari lubang. Lubang di jalan biasanya masih bisa dilewati, tidak dalam (seperti offroad), kita terjang saja lubangnya. Itu akan lebih efektif dan lubang dibandingkan menghindari lubang,” ucapnya.


Baca juga: Ternyata Ini Alasannya, Kenapa Kucing Sering Memperlihatkan Bokongnya

Namun, Agus menjelaskan, ketika melewati jalan yang berlubang ada tekniknya tersendiri, supaya motor yang dikendarai tetap terjaga keseimbangannya. 

“Posisi pengendara harus menaikan sedikit bokong dan mempertegak pundak. Sama seperti teknik yang digunakan motorcross,” pungkasnya.