Kenapa Kok Mengantuk Terus Sepanjang Hari Selama Puasa? Ternyata Ini Alasannya!


Jaditau.id
- Cobaan yang terbesar selama berpuasa mungkin tidak hanya menahan haus dan lapar. Melainkan kamu juga harus berjibaku dengan rasa kantuk yang menyerang sepanjang hari.

Yaitu ketika kamu harus bekerja full time di kantor, biasanya merasa produktivitas menjadi kurang karena rasa kantuk yang menyerang di sela-sela banyaknya pekerjaan.

Nah, Kamu tentu penasaran tentang alasan di balik datangnya rasa mengantuk yang sering melanda ketika sedang berpuasa. 

Simak berikut ini alasannya:

Perubahan Kadar Gula Darah

Saat menjalani puasa, ketika kita tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama berjam-jam, otomatis terjadi penurunan kadar gula dalam darah. 

Melansir dari laman Verywell Health, perubahan kadar gula darah tersebut membatasi kemampuan tubuh untuk mengangkut energi ke sel-selnya sehingga membuatmu jadi mudah lelah dan mengantuk.

Jadi bisa dikatakan, mengantuk ketika sedang berpuasa adalah hal yang cukup normal. Namun yang mungkin cukup merugikan adalah ketika kamu juga sulit berkonsentrasi sehingga menghambat pekerjaan.

Pola Tidur yang Berubah

Selama menjalani puasa Ramadan, tentu ada kebiasaan yang berubah salah satunya pola tidur. Hal tersebut juga menjadi salah satu faktor mengapa kamu mudah mengantuk saat siang hari ketika sedang berpuasa Ramadan.

Sesuai dengan jurnal yang ditulis oleh Ahmad S. Bahammam dan dimuat dalam Research Gate, jam bekerja akan lebih pendek di negara yang mayoritas warganya beragama Islam. 

Seperti jika biasanya jam kerja dimulai 07.00, maka ketika bulan puasa jam kerja dimulai jam 08.00 atau menyesuaikan kebijakan kantor.

Kebijakan tersebut ternyata berpengaruh terhadap pola tidur, dari yang biasanya bangun jam 05.00 maka kamu akan tidur lagi hingga jam 06.00 bahkan jam 07.00.

Tidak hanya itu, selain terlambat bangun, kamu mungkin juga terlambat tidur karena banyaknya kegiatan malam Ramadan termasuk keterlambatan jam buka toko, pusat perbelanjaan, dan restoran, serta penayangan program TV yang menarik hingga larut malam.

Nah, solusi yang bisa kamu terapkan agar tidak mengantuk sepanjang hari, tentunya tetap mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi saat berbuka dan sahur. 

Selain itu jangan lupa untuk memperbaiki pola tidur dengan tidak terlambat pergi tidur dan tidak terlambat bangun tidur.