Berat Badan Naik Setelah Lebaran, Ini Penyebabnya


Jaditau.id |
Penyebab berat badan naik setelah Lebaran tentunya faktor utamanya adalah konsumsi makanan. Hal ini disebabkan karena banyak makanan khas Lebaran memiliki kandungan yang bisa bikin gemuk. 

Pola makan sehat harus diterapkan setelah lebaran. Untuk itu penyebab berat badan naik setelah Lebaran perlu benar-benar diperhatikan. 

Hal ini tidak hanya berkaitan dengan penampilanmu yang bisa menjadi semakin berisi, namun juga terkait dengan kondisi kesehatan.

Penyebab berat badan naik setelahLebaran tidak hanya makanan yang kamu konsumsi. Aktivitas fisik atau olahraga dan istirahat juga juga berperan penting dalam menjaga berat badan dan kesehatan 
setelahsaat Lebaran. 

Untuk mencegahnya, pola hidup sehat harus diterapkan agar kamu tidak mengalami kenaikan berat badan setelah Lebaran.

Berikut kami rangkuman dari berbagai sumber, tentang penyebab berat badan naik setelah Lebaran.

Penyebab berat badan naik setelah Lebaran dipengaruhi oleh konsumsi makanan kamu. Kandungan makanan yang kamu konsumsi sangat berpengaruh terhadap penyebab berat badan naik setelah Lebaran. 

Berikut beberapa penyebab berat badan naik setelah Lebaran yang perlu kamu perhatikan:

Mengonsumsi Makanan yang Tinggi Kalori

Menu sajian lebaran umumnya tinggi kandungan kalori. Misalnya saja ketupat dan pendampingnya seperti opor ayam, gulai ayam, rendang, dan lain sebagainya. Makanan ini biasanya diolah dengan santan yang tinggi kalori dan lemak.

Jika dalam waktu satu hari kebutuhan kalori yang dibutuhkan tubuh sekitar 2000 kalori, maka jumlah tersebut bisa kamu dapatkan hanya dalam satu porsi sajian lebaran tersebut. Inilah penyebab berat badan naik setelah lebaran yang paling utama.

Mengonsumsi Makanan yang Tinggi Gula

Selain makanan besar yang tinggi kalori, sajian lebaran juga tak lepas dari kue kering dan minuman manis. Kedua jenis santapan lebaran ini mengandung gula yang tinggi. 

Kombinasi keduanya tentu membuat jumlah asupan gula dalam tubuh kamu semakin meningkat. Hal inilah yang menjadi penyebab berat badan naik setelah lebaran. 

Bahkan, terlalu berlebihan mengonsumsi keduanya dapat meningkatkan risiko obesitas dan penyakit diabetes.

Kurang Asupan Serat

Penyebab berat badan naik setelah lebaran berikutnya adalah kurang konsumsi serat. Asupan serat dari sayur dan buah yang dibaikan setelahpuasa, lalu berlanjut hingga Lebaran, bisa mengakibatkan pencernaan tidak berjalan lancar. 

Kondisi ini dapat meningkatkan terjadinya penumpukan lemak, yang menyebabkan berat badan melonjak.

Kurang Istirahat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyebab berat badan naik setelah Lebaran tidak hanya berkaitan dengan pola makan saja. Faktor istirahat dan aktivitas fisik juga sangat menentukan dalam pencegahan berat badan naik setelah lebaran.

Pada momen lebaran, kerap kali kamu lupa waktu dan menjalankan aktivitas hingga larut malam. Tidak jarang begadang menjadi rutinitas karena pekerjaan dan sekolah libur.

 Padahal waktu tidur yang berkurang menyebabkan terjadinya peningkatan hormone ghrelin, yang dapat memicu nafsu makan. Akibatnya, kamu akan makin kalap untuk mengonsumsi makanan.

Kurang Melakukan Aktivitas Fisik

Olahraga sering kali diabaikan setelah Lebaran. Hal ini karena banyak orang beranggapan bahwa Lebaran adalah waktunya untuk bersantai di rumah, duduk sambil makan sajian lebaran dan berbagai camilan. 

Namun hal ini membuat tubuh kamu mengalami penambahan kalori. Jumlah kalori yang masuk akan lebih banyak daripada yang dibakar. 

Kelebihan kalori tersebut akan menumpuk dalam tubuh, menjadi lemak dan membuat berat badan semakin meningkat.

Makan Sedikit Namun Sering

Kalau kamu sulit mengendalikan nafsu makan, kamu tetap bisa menerapkan cara mecegah berat badan naik 
setelah lebaran dengan mengubah pola makan. 

Kamu bisa makan tiga kali sehari dalam porsi biasa. Kemudian ada waktu ngemil di antara jam-jam makan besar.

Cobalah untuk membagi tiga kali porsi makan tersebut menjadi 5-6 kali makan dengan porsi yang lebih kecil. 

Makan dengan jumlah yang sedikit tapi sering ini dapat membantu kamu untuk mengendalikan nafsu makan. 

Sehingga kamu tidak tergoda untuk ngemil. Selain itu, pola makan tersebut juga dapat mengkondisikan lambung menjadi merasa cukup dengan porsi makan yang sedikit.

Mengurangi Konsumsi Makanan Manis dan Berlemak

Cara mencegah berat badan naik 
setelah lebaran berikutnya adalah dengan mengurangi konsumsi makanan manis dan berlemak.

 Makanan yang berlemak serta makanan dan minuman manis merupakan salah satu penyumbang kalori utama. 

Selain itu, jenis makanan tersebut juga merupakan sumber berbagai penyakit seperti diabetes, kolesterol tinggi, hipertensi, stroke, serta penyakit jantung.

Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk mengurangi makanan yang digoreng, daging berlemak, makanan laut (kecuali ikan), telur puyuh, aneka kue, keripik, dan minuman kemasan yang diberi tambahan gula.

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Beberapa cara mencegah berat badan naik 
setelah lebaran di atas membahas tentang pembatasan konsumsi makanan tertentu, tapi khusus sayur dan buah konsumsinya harus ditambah. 

Selain baik untuk pencernaan, sayur dan buah juga dapat membuat kamu kenyang lebih lama. Hal ini pun membuat kamu tidak tergoda untuk ngemil atau makan dalam porsi yang banyak.

Tidur Cukup

Kurang tidur dapat menjadi penyebab kenaikan berat badan 
setelah lebaran. Hal ini karena orang yang kurang tidur cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori dan kurang aktivitas fisik. 

Sehingga, penting bagi kamu untuk tetap mendapatkan tidur yang cukup selama libur lebaran.

Kurang tidur juga dapat menyebabkan stres, yang kemudian juga mengakibatkan berat badan naik.

Sebaiknya lakukan hal menyenangkan untuk menghindari stres setelah hari libur. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi stres, salah satunya adalah olahraga.

Olahraga Teratur

Cara mencegah berat badan naik 
setelah lebaran berikutnya adalah berolahraga. Dengan melakukan olahraga secara teratur kamu dapat meningkatkan pengeluaran kalori, menjadikan tubuh segar, serta menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit.

Melakukan olahraga seperti jogging, bersepeda, berenang dan lain-lain secara rutin 
setelah lebaran dapat menjaga berat badan tetap stabil. Hal ini juga menjauhkan kamu dari berbagai macam masalah kesehatan. (*)