Atasi iPhone Cepat Panas, Begini Caranya

HP Panas

Jaditau.id
| Jika kamu pengguna iPhone, mungkin perangkat Anda terkadang cepat panas saat tengah digunakan. 

Namun bagi Anda tak perlu khawatir, ada berbagai cara untuk mengatasi iPhone cepat panas yang bisa dicoba.

Melansir Jaditau.id dari situs resmi Apple, cara mengatasi iPhone cepat panas ini tinggal disesuaikan dengan penyebab panasnya

Adapun beberapa penyebab iPhone cepat panas yang sering terjadi, yaitu karena iPhone digunakan di tempat dengan suhu panas, iPhone digunakan saat isi daya (charger), isi daya secara nirkabel (wireless charging), maupun menjalankan banyak aplikasi sekaligus.

Namun tak hanya itu, iPhone terkadang bisa panas ketika menonton streaming video dengan kualitas tinggi, terlalu lama main game, dan menggunakan aplikasi navigasi (GPS).

Selain itu, bisa juga karena software perangkat Anda belum diperbaharui (update), penggunaan pertama kali, hingga baterai sudah telanjur rusak.

Berkaca dari penyebab-penyebab ini, 
Berikut Cara mengatasi agar iPhone agar tidak cepat panas yang bisa Anda coba.

1. Periksa penggunaan baterai

Yang pertama penyebab iPhone panas bisa jadi karena baterai handphone (hp) sudah rusak. Sebaiknya, Anda memeriksa tingkat kualitas baterai secara berkala.

Misalnya, apakah masih 100 persen, sudah turun menjadi 90 persen, 80 persen, atau bahkan sudah jatuh ke 50 persen. Jika tingkat kualitas baterai rendah sebaiknya segera diganti.

2. Tutup aplikasi tak terpakai

Cara agar iPhone tidak cepat panas berikutnya adalah dengan tidak membuka banyak aplikasi sekaligus.

Jika aplikasi tersebut sudah tidak terpakai, sebaiknya segera tutup. Sebab, aplikasi yang dibuka bersamaan pada satu waktu membuat sistem menyedot banyak daya baterai dan data seluler, sehingga bisa cepat panas.

3. Tutup aplikasi GPS sampai game

Selain menutup aplikasi yang tak terpakai, aplikas yang menyedot banyak daya baterai dan data seluler sebaiknya juga ditutup.

Mulai dari aplikasi GPS, streaming video, sampai game. Jika sudah tidak digunakan, sebaiknya segera tutup aplikasi.

4. Matikan hp

Cara mengatasi iPhone cepat panas yang paling praktis adalah segera mematikan hp. Hal ini tujuannya memberi istirahat total bagi pada sistem pengoperasian iPhone, sehingga bisa mendingin lebih cepat.

5. Aktifkan airplane mode

Jika tidak ingin mematikan hp, Anda bisa mengaktifkan mode pesawat (airplane) di iPhone. Tujuannya untuk menyetop sementara penggunaan data seluler, sehingga sistem tidak menyedot banyak daya baterai.

6. Lepaskan case hp

Saat iPhone panas, sebaiknya segera lepas pelindung (case) hp karena case bisa menghalangi panas untuk keluar dari hp. Case hp bisa digunakan kembali jika hp sudah mendingin.

7. Kurangi kecerahan layar iPhone

Penyebab iPhone cepat panas adalah penerapan tingkat kecerahan yang terlalu terang.

Sebab, hal ini memakan daya baterai. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi tingkat kecerahan layar sementara waktu saat iPhone terasa panas.

8. Jangan gunakan iPhone saat isi daya


Tanpa Anda sadari, kebiasaan menggunakan iPhone saat isi daya juga dapat memicu hp cepat panas. 

Untuk itu, biarkan sistem iPhone fokus mengisi daya terlebih dahulu, baru Anda gunakan.

Artinya, jangan mainkan iPhone sambil di-charge. Sebab, hal ini sangat menyedot daya baterai dan data seluler dalam jumlah besar sekaligus.

9. Tinggalkan tempat yang bersuhu panas

Cara mengatasi iPhone cepat panas saat berada di tempat bersuhu panas tinggi adalah segera tinggalkan tempat tersebut. Anda bisa meneduh terlebih dahulu.

Tujuannya agar iPhone tidak terkena sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama. PIndahlah ke tempat yang sejuk atau jauh dari paparan matahari langsung.

Selain itu, jangan meninggalkan iPhone di dalam mobil di parkiran luar ruangan dengan suhu panas tinggi. Sebab, berisiko panas mendadak tanpa sepengetahuan pengguna.

10. Jangan gunakan pendingin

Jangan gunakan pendingin seperti kulkas maupun kotak pendingin (cooler box) untuk mendinginkan iPhone yang panas karena ini bisa merusak hp secara permanen. Biarkan hp mendingin dengan sendirinya.

Nah, itulah cara mengatasi iPhone agat tidak cepat panas. Semoga membantu Anda.