Mengenal Hipotermia dan Cara Mencegah Saat Mendaki Gunung

- Kamis, 19 Januari 2023 | 14:20 WIB
Cara Mencegah Hipotermia Saat Mendaki Gunung (Dok. Jaditau.id/Mikdad)
Cara Mencegah Hipotermia Saat Mendaki Gunung (Dok. Jaditau.id/Mikdad)

Jaditau.id - Hipotermia merupakan kondisi ketika suhu tubuh menurun drastis hingga di bawah 35 derajat celsius. Suhu normal tubuh sendiri berada pada angkat 37 derajat.

Jika suhu tubuh berada jauh di bawah angka 37 derajat, fungsi sistem saraf dan organ tubuh lainnya akan mengalami gangguan. 

Hipotermia merupakan salah satu kondisi yang kerap dialami oleh para pendaki gunung. Ketahui begini cara mencegah hipotermia terjadi.

Baca Juga: Aniaya 2 Pemuda Sampai 1 Orang Meninggal, Belasan Anggota Geng Motor Arabian Ditangkap Polisi Purwakarta

Beberapa tindakan yang dapat mengatasi sekaligus menjadi cara dalam mencegah hipotermia saat mendaki gunung, antara lain:

1. Memakai pakaian hangat, seperti jaket tahan angin dan tahan air jika ingin melakukan kegiatan di luar ruangan, seperti mendaki gunung.

Karena jika tidak, risiko terkena hipotermia akan lebih tinggi. Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti lebih untuk mengganti baju ketika terkena air.

2. Kamu bisa melakukan gerakan-gerakan sederhana guna menghangatkan tubuh, tetapi jangan sampai berlebihan. Karena keringat pada baju yang basah dapat menurunkan panas tubuh.

Baca Juga: Basmi Kerak Membandel di Kloset, Berikut 3 Cara dan Bahan Untuk Mengatasinya

Halaman:

Editor: Mikdad Dahri

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Tips Mengencangkan Kulit Wajah, Wanita Wajib Tahu

Jumat, 20 Januari 2023 | 21:05 WIB
X