Segini Kuota Haji Indonesia Tahun 2023 Usai Tandatangi Kesepakatan dengan Arab Saudi

- Senin, 9 Januari 2023 | 03:15 WIB
Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas (kiri) bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah di Kota Jeddah, Arab Saudi (Kemenag)
Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas (kiri) bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah di Kota Jeddah, Arab Saudi (Kemenag)

Jaditau.id - Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah menandatangani kesepakatan mengenai kuota haji Indonesia tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi di Kota Jeddah, Arab Saudi, pada Minggu.

Hasilnya, Indonesia mendapat kuota 221.000 orang tanpa batasan usia untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah pada tahun 2023.

"Alhamdulillah, misi haji 2023 dimulai. Saya hari ini menandatangani kesepakatan haji dengan Menteri Haji Saudi. Kuota haji Indonesia tahun ini sebesar 221.000," kata Yaqut sebagaimana dikutip dalam siaran pers kementerian di Jakarta, Minggu.

Baca Juga: Respons Cepat Pertamina: BBM Pertalite Tercampur Air Seperti Jus Jeruk Viral di Medsos, SPBU Langsung Ditutup

"Kuota itu terdiri atas 203.320 jamaah haji reguler dan 17.680 jamaah haji khusus. Adapun untuk petugas, tahun ini kita mendapat 4.200 kuota," sambung Yaqut.

Menag mengatakan, dalam pertemuan dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi disepakati bahwa tidak adanya batasan usia bagi jamaah haji yang diberangkatkan tahun 2023.

"Sesuai kesepakatan, tahun ini sudah tidak ada pembatasan usia jamaah haji. Artinya, jemaah 65 tahun ke atas juga dapat berangkat haji tahun ini," kata Menag.

Baca Juga: Kenapa Diberi Nama Jalan Syeikh Baing Yusuf, Nama Jalan Baru di Purwakarta? Ini Alasannya

"Kesepakatan Pemerintah Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi juga mencakup pengaturan pendaratan pesawat pengangkut jamaah haji di Kota Jeddah dan Madinah serta pelaksanaan kebijakan-kebijakan baru mengenai pelayanan haji," lanjut Menag.

Halaman:

Editor: Ipah Hanipah

Sumber: jabar.antaranews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Syarat Bikin SIM C1 Minimal Punya SIM C Setahun

Jumat, 27 Januari 2023 | 07:05 WIB
X