• Minggu, 29 Januari 2023

Kamu Nanya! Kenapa Oli Mesin Motor Berubah Menjadi Warna Cokelat Susu? Ini Penjelasannya

- Rabu, 7 Desember 2022 | 06:50 WIB
Cek oli mesin sepeda motor (Shutterstock)
Cek oli mesin sepeda motor (Shutterstock)

Jaditau.id - Banyak yang bertanya kenapa oli mesin motor berubah menjadi warna coklat susu?. Tentunya ini menjadi kekhawatiran para pengemudi sepeda motor.

Di sini Jaditau.id akan membahas kenapa oli mesin motor berubah menjadi warna coklat susu. Simak ulasannya di bawah ini.

Mengemudikan motor di musim hujan menjadi salah satu resiko adalah terbukanya peluang atau potensi oli mesin atau pelumas berubah warna menjadi cokelat susu.

Baca Juga: Pesona Keindahan Jatiluhur Diatas Gunung Lembu

Kenapa bisa gitu? Padahal saat berkendara di area genangan atau banjir, permukaan air terlihat begitu jauh dari mesin.

Mengutip dari Antara dari rilis resmi Pertamina, genangan air memungkinkan bisa masuk atau mencapai celah-celah mesin kendaraan saat pengemudi nekat menerobos banjir.

Sehingga bisa memungkinan terjadi kondisi air akan bercampur dengan oli mesin yang menimbulkan efek buruk bagi kendaraan. Bahkan bisa merubah warna menjadi coklat.

"Kondisi oli yang tercampur dengan air membuat daya pelumasannya tidak maksimal. Sementara komponen di dalam mesin seperti piston, kruk as, noken as dan lain lain membutuhkan pelumasan yang sempurna," jelas Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL).

Baca Juga: Uang Kertas Rp 100 Pinisi Cetakan 1992 Laku Berapa Kalau Dijual? Segini Nilai Jualnya

Karena adanya daya pelumasan oleh oli tidak maksimal, maka gesekan antarkomponen logam tidak terhindarkan. Semua komponen berpotensi mengalami kerusakan karena saling bergesekan.

"Oli yang sudah bercampur air akan kehilangan fungsi pelumasannya, dan jika dibiarkan tentu saja lama-kelamaan pasti merusak komponen di dalam mesin," papar Brahma Putra Mahayana.

Halaman:

Editor: Ipah Hanipah

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Biaya Perpanjang SIM Tahun 2023, Segini Besarannya

Senin, 16 Januari 2023 | 07:39 WIB

Penyebab Oli Mesin Kering, Simak Ulasannya

Kamis, 5 Januari 2023 | 18:01 WIB

5 Tanda Batrai Hp Harus Diganti

Kamis, 5 Januari 2023 | 05:10 WIB
X