• Minggu, 29 Januari 2023

Sebelum Melaksanakan Salat Jum’at, Ini Hal-hal yang harus Kamu Siapkan

- Jumat, 9 Desember 2022 | 04:10 WIB
Salat Jum'at (nu.or.id)
Salat Jum'at (nu.or.id)

Jaditau.id - Menjalankan salat Jum‘at hukumnya wajib bagi setiap orang Islam yang telah memenuhi persyaratan. Ini berlaku bagi umat Islam di seluruh dunia.

Sebagaimana yang termaktub dalam QS. Al-Jumuah ayat 9, Allah berfirman:

Wahai orang-orang yang beriman apabila telah diseru untuk melaksanakan shalat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Bahkan Nabi Muhammad Saw pernah mengancam akan membakar rumah-rumah orang yang meninggalkan salat Jum’at. Nabi Muhammad Saw bersabda:

Sungguh aku berkeingian untuk memerintahkan kepada salah seorang shalat bersama orang-orang, kemudian aku bakar rumah-rumah dari orang-orang yang meninggalkan (shalat) Jumat [HR. Ahmad].

Baca Juga: Wajib Diketahui, Inilah 4 Ketentuan Mahar dalam Islam

Ancaman meninggalkan salat Jum‘at ini tentunya tidak berlaku bagi mereka yang tidak termasuk golongan yang wajib, seperti hamba sahaya, anak kecil, wanita dan orang sakit.

Ancaman ini juga tidak berlaku bagi orang yang meninggalkan Jum‘at karena sebab yang dibenarkan syariat seperti adanya bencana atau kondisi lainnya yang dapat membahayakan keselamatan jiwa.

Salat Jum’at merupakan ibadah mahdlah, dan prinsip ibadah mahdlah adalah terlarang kecuali ada perintah. Oleh karenanya, tata cara saalat Jum‘at harus mengikuti petunjuk dan sesuai dengan tuntunan berdasarkan al-Qur’an dan hadis Nabi (QS. Al-Hasyr: 7).

Halaman:

Editor: Ipah Hanipah

Sumber: PP Muhammadiyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejarah Singkat RSUD Bayu Asih Purwakarta

Minggu, 29 Januari 2023 | 15:41 WIB

Pantun Sunda Lucu dan Nyindir, Gokil Bikin Ngakak

Sabtu, 28 Januari 2023 | 17:17 WIB

Rabbani Garut Buka Lowongan Kerja untuk Store Cashier

Sabtu, 28 Januari 2023 | 06:49 WIB
X